Pengertian dan Proses Daur Nitrogen (Siklus Nitrogen)

By On Rabu, September 16th, 2020 Categories : Biologi

Pengertian Nitrogen

Pengertian Nitrogen adalah salah satu unsur kimia dengan nomor atom 7. Nitrogen adalah konstituen beragam senyawa organic seperti Kevlar.

Pengertian dan Proses Daur Nitrogen (Siklus Nitrogen)

Pengertian dan Proses Daur Nitrogen (Siklus Nitrogen)

Nitrogen terdapat di udara yaitu sebanyak 78%, jumlah yang terbilang banyak ketimbang unsur-unsur lainnya. Nitrogen memiliki banyak manfaat diantaranya sebagai berikut ini :

  1. Nitrogen merupakan sumber kriogenik yang dapat membantu proses pendinginan dan pembekuan berbagai makanan dan minuman.
  2. Nitrogen dapat digunakan untuk membersihkan , mentransfer tekanan, pencampuran serta melindungi proses intrusi kelembapan, oksidasi, kontaminasi dan juga degradasi.
  3. Nitrogen juga sangat diperlukan pada industry mobil yaitu untuk keperluan proses pengelasan suku cadang mobil, frame, muffler, dan komponen-komponen lainnya.
  4. Dan lain sebagainya

Di alam, nitrogen dapat ditemukan dalam bentuk senyawa NO2 (nitrit), NH4 (ammonium), NO3 (nitrat) dan N2 (gas nitrogen), dan nitrogen organik.

Nitrogen organic bisa berupa organisme hidup atau humus. Namun, karena keadaan alam yang semakin tidak menentu, diperlukan daur nitrogen agar ketersediaan nitrogen di alam dapat terpenuhi. Apa itu proses daur ulang nitrogen?

Proses daur ulang nitrogen atau siklus nitrogen adalah mengubah nitrogen dari satu bentuk kimia lain. Ada beberapa peran dari daur nitrogen yaitu sebagai berikut ini :

  1. Nitrogen sangat penting bagi tanaman oleh karena itu daur nitrogen sangat diperlukan
  2. Klorofil merupakan nitrogen, sehingga nitrogen sangat perlu untuk proses fotosintesis tanaman
  3. Nitrogen dapat membantu percepatan pertumbuhan tanaman
  4. Nitrogen merupakan unsur penting bagi kehidupan tumbuhan dan hewan protein
  5. Dan lain sebagainya

Proses Daur Nitrogen

Ada beberapa tahapan dalam proses daur nitrogen (siklus nitrogen) yaitu FIksasi nitrogen, Asimilasi, Amonifikasi, Nitrifikasi, Denitrifikasi,  dan Oksidasi Amonia Anaerobik yang akan dijelaskan sebagai berikut ini :

1. Fiksasi nitrogen

Fiksasi nitrogen merupakan proses mengubah nitrogen di udara menjadi NH3 atau ammonia. Reaksi fiksasi nitrogen secara biologis yaitu sebagai berikut ini :

N2 + 8 H+ + 8 e− → 2 NH3 + H2

Beberapa mikroorganisme yang melakukan fiksasi nitrogen adalah Frankia, Rhizobia dan lain sebagainya.Fiksasi nitrogen dapat terjadi secara non biologis misalnya adalah sambaran petir. Fiksasi nitrogen dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu sebagai berikut ini:

  1. Fiksasi biologis
  2. Industri Fiksasi Nitrogen
  3. Pembakaran bahan bakar fosil
  4. Proses lain misalnya petir yang dapat mengfiksasi nitrogen

2. Asimilasi

Asimilasi merupakan proses pembentukan senyawa nitrogen organic misalnya asam amino, dari senyawa nitrogen anorganik yang ada di alam.

3. Amonifikasi

Amonifikasi merupakan proses mengubah nitrogen organic menjadi NH4+ atau ammonium oleh bakteri dan jamur, jika tumbuhan atau hewan mati.

4. Nitrifikasi

Nitrifikasi merupakan proses biologis yaitu oksidasi biologis ammonia dengan oksigen ke bentuk ammonium untuk kemudian diubah kembali menjadi nitrit yang diikuti oleh oksidasi nitrit menjadi nitrat. Proses biologis ini dilakukan secara aerobic dan dibantu oleh bakteri autotroph.

5. Denitrifikasi

Denitrifikasi adalah proses reduksi nitrat untuk diubah kembali menjadi N2 untuk menyelesaikan siklus nitrogen. Proses denitrifikasi dibantu oleh spesies bakteri, yaitu pseudomonas dan lain sebagainya dalam kondisi anaerobic.

6. Oksidasi Amonia Anaerobik

Oksidasi Amonia Anaerobik merupakan proses biologis dimana nitrit dan ammonium dikonversi ke elemen N2.

Nah itulah beberapa pengertian dan proses daur ulang nitrogen pada tumbuhan, semoga informasi diatas dapat menambah wawasan yang baru bagi pembaca.

Sumber : Agrotek.id

Pengertian dan Proses Daur Nitrogen (Siklus Nitrogen) | diflucanfluconazole365 | 4.5